xbanner 970x250

Optimalisasi PAD, Dr. Nurdin: Gali Potensi Pajak dan Tingkatkan Pelayanan Publik

1 minutes reading
Thursday, 18 Jul 2024 13:50 0 40 Hen

Tangerang, | Eranews.id – 18 Juli 2024, Pemkot Tangerang melalui Bapenda menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

FGD dihadiri sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan narasumber dari Kemenkeu, Kemendagri, Kemenko Perekonomian, dan Bank Indonesia. Acara dibuka oleh Pj Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin meminta Perangkat Daerah memetakan potensi pajak dan retribusi dari sektor masing-masing. “Pembayaran pajak ialah kewajiban wajib pajak untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional,” ujarnya.

“Koordinasi dan pengelolaan pajak perlu menjadi perhatian kita bersama. Kita perlu memetakan potensi pajak dan retribusi,” tambahnya.

Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara pemerintah pusat dan daerah membawa perubahan mendasar. Ini memengaruhi perhitungan tarif pajak dan retribusi daerah.

“Perubahan ini bisa menurunkan atau menaikkan tarif pajak, atau menambah objek pajak baru. FGD ini penting untuk mencari solusi dan ide kreatif,” terangnya.

Dr. Nurdin juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik dalam optimalisasi PAD. “Kualitas pelayanan publik penting, juga peningkatan kompetensi pegawai agar tugas dilaksanakan dengan baik,” jelasnya.

“Ekosistem Teknologi Informasi (TI) juga penting. Kita perlu menyesuaikan dan meng-upgrade TI agar pelayanan semakin prima dan penyerapan PAD optimal,” tukas Dr. Nurdin.

Hingga pertengahan tahun, realisasi pajak daerah Kota Tangerang mencapai 44% atau Rp999 miliar. Retribusi mencapai 31% atau Rp31,9 miliar.

 

LAINNYA
xbanner 970x250