xbanner 970x250

Pasar Drama Pendek, GoldShort TV Diluncurkan di Indonesia Untuk Memimpin Pasar

4 minutes reading
Thursday, 8 Aug 2024 21:08 0 121 Redaksi

Seni Budaya|Eranews.id – Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas pasar drama pendek sangat luar biasa. Bahkan dengan cepat menjadi fokus industri hiburan global. Merespon hal tersebut, GoldShort TV diluncurkan di Indonesia untuk memimpin pasar drama pendek.

Perwakilan GoldShort TV, Fery mengungkapkan, seiring dengan meningkatnya permintaan penonton akan konten pendek dan ringkas dengan plot yang ringkas, drama pendek dengan cepat menempati arus utama pasar dengan metode narasinya yang unik.

“Baik itu pekerja kantoran perkotaan, kelompok pelajar, atau penonton dalam waktu yang terfragmentasi, drama pendek telah menjadi pilihan hiburan pertama mereka,” ujar Fery dalam keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Lanjut Fery, data industri drama pendek semakin menunjukkan kuatnya pertumbuhan tren ini. Menurut laporan riset pasar terbaru, jumlah pengguna di pasar drama pendek global telah melampaui 500 juta pada tahun 2023, dan ukuran pasar diperkirakan akan mencapai US$80 miliar dalam tiga tahun ke depan.

“Waktu dan frekuensi menonton pengguna juga terus meningkat, dan drama pendek telah menjadi kekuatan pendorong utama pertumbuhan platform media streaming,” jelasnya.

Di pasar yang booming ini, menurut data Sensor Tower, aplikasi drama pendek “ReelShort” memimpin bidang drama pendek berdasarkan keunggulan penggerak pertamanya. Pada Februari 2024, pendapatan pembelian dalam aplikasi global “ReelShort” adalah hampir US$80 juta.

Menurut Fery, prospek perkembangan drama pendek juga sangat baik. Dengan mempopulerkan teknologi 5G dan terus berkembangnya terminal seluler, drama pendek, sebuah bentuk konten yang sesuai untuk konsumsi waktu yang terfragmentasi, akan membuka peluang pasar yang lebih besar. Semakin banyak perusahaan produksi film dan televisi tradisional, serta wirausahawan konten baru yang mulai memasuki pasar drama pendek.

“Kreativitas konten, kualitas produksi, dan model bisnis drama pendek diharapkan akan terus meningkat di masa depan, sehingga semakin meningkatkan daya tarik pasar,” harapnya.

Dengan latar belakang tersebut, platform drama pendek GoldShort TV berhasil diluncurkan di Indonesia dan meraih hasil yang luar biasa. “Sejak platform ini diluncurkan, GoldShort TV telah menarik lebih dari 2 juta pengguna Indonesia untuk mendaftar menjadi anggota hanya dalam beberapa bulan,” terangnya.

Konten drama pendek yang kaya dan beragam, serta pengaturan program yang dilokalkan di platform dengan cepat memenangkan minat penonton dan menerima banyak masukan positif dari pengguna.

“Pengguna mengatakan bahwa GoldShort TV memiliki kualitas konten tinggi dan pengalaman pengguna yang baik, dan telah menjadi platform pilihan pertama mereka untuk hiburan sehari-hari,” ucap Fery.

GoldShort TV tidak hanya berfokus pada penyediaan konten berkualitas tinggi, tetapi juga secara aktif mengeksplorasi dan model pengoperasian yang inovarif. Platform ini telah meluncurkan model-model industri baru seperti promosi kontrak, pembagian hak cipta, dan crowdfunding drama pendek.

Didorong oleh konsep ekonomi berbagi, model-model ini telah mencapai hasil awal. Streaming kontrak memberikan layanan streaming yang lebih fleksibel kepada pembuat konten, pembagian hak cipta memungkinkan pengguna dan pembuat konten untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pendapatan hak cipta, dan crowdfunding drama pendek menyatukan kekuatan untuk bersama-sama menciptakan konten yang lebih kaya dan beragam.

“Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial, GoldShort TV tidak hanya mengejar kesuksesan komersial, namun juga secara aktif berpartisipasi dalam upaya kesejahteraan masyarakat, dan berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Kami berusaha keras untuk berkontribusi kepada masyarakat dengan mendanai proyek-proyek pendidikan dan mendukung perlindungan lingkungan, yang mencerminkan tanggung jawab sosial perusahaan kami,” tandas Fery.

Selain itu, GoldShort TV secara resmi menyatakan bahwa platform akan merilis berita besar pada bulan September dan Oktober, yang mungkin melibatkan kerja sama konten baru, peningkatan platform, dan lain-lain. Berita ini telah menarik perhatian luas dan pasar penuh dengan ekspektasi.

“Kita tunggu dan lihat apakah platform GoldShort TV dapat terus berkembang, dengan sehat di pasar drama pendek yang sangat kompetitif. Platform ini akan terus berpegang pada konsep penekanan yang sama pada inovasi dan tanggung jawab, dan berkomitmen untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna dan berkontribusi terhadap pengembangan industri drama pendek. Dengan dukungan pengguna dan mitra, kami yakin Gold Short TV akan mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa depan,” tandasnya.

LAINNYA
xbanner 970x250