xbanner 970x250

Presiden Jokowi Lantik Tiga Menteri dan Satu Wakil Menteri Baru di Ujung Masa Pemerintahan

2 minutes reading
Monday, 19 Aug 2024 11:22 0 71 Redaksi

Jakarta|Eranews.id, Senin (19/8) — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga menteri dan satu wakil menteri baru di Istana Kepresidenan, Senin pagi. Pelantikan ini merupakan bagian dari reshuffle kabinet yang dilakukan di penghujung masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, yang akan berakhir Oktober 2024.

Dalam upacara yang khidmat, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah jabatan para pejabat baru. “Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya. Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi, dengan penuh kesungguhan, diikuti oleh para pejabat yang dilantik.

Presiden juga mengingatkan pentingnya menjaga etika jabatan dan bekerja dengan penuh tanggung jawab. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung etika jabatan. Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjutnya.

Setelah pengucapan sumpah, para pejabat baru menandatangani berita acara pelantikan, diiringi dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya,” yang bergema dengan khidmat di ruangan tersebut.

Pejabat-pejabat baru yang dilantik oleh Presiden Jokowi adalah sebagai berikut:

  • Menteri Hukum dan HAM: Supratman Andi Agtas
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM): Bahlil Lahadalia
  • Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM): Rosan Roeslani
  • Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo): Angga Raka Prabowo

Pelantikan ini menandai upaya terakhir dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk memperkuat tim mereka menjelang akhir masa jabatan, memastikan bahwa pemerintahan tetap berjalan dengan baik hingga detik-detik terakhir (red).

LAINNYA
xbanner 970x250