xbanner 970x250

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad Lantik Wihadi Wiyanto sebagai Ketua Baleg DPR RI

2 minutes reading
Tuesday, 6 Aug 2024 22:16 0 36 Hen

Jakarta | Eranews.id – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad secara resmi melantik Wihadi Wiyanto sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, menggantikan Supratman Andi Agtas.

Pelantikan ini berlangsung di tengah rapat pleno yang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan di carry over ke periode DPR RI selanjutnya.

“Pimpinan DPR telah menerima surat dari Fraksi Partai Gerindra pada tanggal 1 Agustus 2024 mengenai penggantian Ketua Baleg dari Fraksi Partai Gerindra, yang semula dijabat Supratman Andi Agtas dan sekarang digantikan oleh Wihadi Wiyanto,” ungkap Dasco saat mengumumkan perubahan Ketua Baleg DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (6/8/2024).

Setelah mendapat persetujuan dari peserta rapat Baleg, Dasco dan Wihadi melakukan seremoni penyerahan palu sidang. Dasco juga mengucapkan terima kasih kepada Supratman atas pengabdiannya sebagai Ketua Baleg selama satu periode.

“Yang baru akan magang untuk mempelajari situasi selama 2 bulan. Jika sukses, akan ditempatkan di posisi yang lebih baik,” tambah Dasco, yang juga merupakan Politisi Partai Gerindra.

Setelah dilantik, Wihadi menyampaikan bahwa dalam rapat pleno diusulkan agar pembahasan RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) harus diselesaikan sebelum akhir periode ini. Meskipun beberapa RUU akan carry over, diharapkan tetap sesuai dengan kesepakatan bersama.

“Kami memahami bahwa RUU yang masuk Prolegnas tidak dapat diselesaikan serentak dalam akhir periode ini. Namun demikian, kami sepakat untuk menyeleksi RUU Prolegnas mana yang akan didahulukan untuk diselesaikan,” jelasnya.

Dengan perubahan ini, susunan pimpinan Baleg DPR RI terbaru adalah Ketua Wihadi (Fraksi Partai Gerindra) dan Wakil Ketua Ichsan Soelistio (Fraksi PDI-Perjuangan), Willy Aditya (Fraksi Partai NasDem), Abdul Wahid (Fraksi PKB), dan Achmad Baidowi (Fraksi PPP).

 

 

LAINNYA
xbanner 970x250