xbanner 970x250

KIM Tak Calonkan Kaesang di Pilgub Jateng, Usung Mantan Kapolda Ahmad Luthfi

2 minutes reading
Saturday, 24 Aug 2024 09:42 0 53 Hen

JAKARTA | Eranews.id  – Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan untuk tidak mencalonkan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024.

Sebagai gantinya, KIM mengusung mantan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi, sebagai calon gubernur.

Langkah ini mengakhiri spekulasi publik yang sebelumnya mempertanyakan apakah Kaesang akan terjun ke kancah Pilgub.

Sementara itu, posisi calon wakil gubernur dipercayakan kepada politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Taj Yasin Maimoen, yang akrab dikenal sebagai Gus Yasin.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengonfirmasi keputusan ini sudah diputuskan sejak lebih dari seminggu yang lalu.

“Sudah lebih dari seminggu lalu kami putuskan bahwa Pak Luthfi akan maju bersama Gus Yasin,” jelas Dasco di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (23/8).

Kombinasi Ahmad Luthfi dan Gus Yasin dianggap sebagai pasangan yang dapat menarik simpati pemilih di Jawa Tengah.

Ahmad Luthfi memiliki rekam jejak yang solid dalam menjaga keamanan dan ketertiban di provinsi tersebut selama menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah.

Sementara itu, Gus Yasin merupakan tokoh politik yang memiliki akar kuat di masyarakat, terutama di kalangan pesantren dan komunitas keagamaan.

Keputusan KIM ini juga menunjukkan dinamika internal koalisi dalam merumuskan strategi politiknya untuk Pilgub Jateng.

Dengan memilih figur yang sudah memiliki rekam jejak di wilayah tersebut, KIM berharap bisa meraih dukungan luas di Pilgub yang semakin kompetitif ini.

 

LAINNYA
xbanner 970x250