xbanner 970x250

Pemkot Tangerang Raih Dua Penghargaan dari Kemendagri Tahun 2024

2 minutes reading
Wednesday, 9 Oct 2024 10:32 0 11 Hen

Tangerang | Eranews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali meraih prestasi gemilang. Pada tahun 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) atas keberhasilannya dalam melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan.

Pada momen yang sama, Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, berhasil meraih Juara I Tingkat Nasional Regional II (Jawa-Bali) dalam Lomba Kelurahan dan Desa Tahun 2024.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Komplek Art Center Bali, Denpasar, pada Selasa (8/10/2024).

Dr. Nurdin mengungkapkan rasa bangga atas penghargaan ini yang dianggap sebagai bukti komitmen Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta tata kelola pemerintahan yang baik.

“Penghargaan ini adalah bukti nyata hasil kerja keras seluruh elemen Pemkot Tangerang dan masyarakat yang telah berkolaborasi mewujudkan visi Kota Tangerang. Semoga ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Dr. Nurdin.

Ia juga berharap Kelurahan Nusa Jaya bisa menjadi percontohan bagi 104 kelurahan lainnya di Kota Tangerang untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

Pencapaian Kelurahan Nusa Jaya

Lurah Nusa Jaya, Alby Nur Muhamad, menjelaskan bahwa keberhasilan ini dicapai melalui proses panjang dari tingkat Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, hingga terbaik di tingkat Provinsi Banten dan Nasional.

Ini merupakan sejarah baru bagi Provinsi Banten, menjadi yang pertama meraih prestasi Kelurahan Terbaik di tingkat nasional.

Keberhasilan Kelurahan Nusa Jaya tak terlepas dari berbagai program kolaborasi seperti dengan Kampung Pendora dan Kelurahan Karang Anyar dalam mengembangkan wisata edukasi di Kampung Srikandi RW 08.

Selain itu, ada kerja sama dengan Yayasan Darul Miftah Mulya dalam penyelenggaraan rehabilitasi nafza, kejiwaan, dan kenakalan remaja.

Lurah Alby juga menambahkan adanya kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan Tangerang untuk memberikan konsultasi dan pendampingan hukum gratis bagi masyarakat.

Kelurahan ini juga berkolaborasi dengan PT. Solutama Mutiara Lestari dalam penyediaan lapangan kerja melalui program Seken (Semangat Kerja Nusa Jaya).

Program pelayanan aduan 24 jam melalui WhatsApp di nomor 0877-7770-7696 juga sudah berjalan sejak lama, serta program sosial Berkah (Bangun Infrastruktur, Ekonomi UMKM, Raih Kesejahteraan, Kewirausahaan, Akses Layanan Dasar dan Hidup Sejahtera) yang mendukung pemberdayaan UMKM, infrastruktur, dan jaminan sosial melalui Masdoel.

“Dengan prestasi ini, kami akan terus meningkatkan pelayanan agar masyarakat hidup sejahtera, mandiri, dan berdaya saing demi kemajuan Kota Tangerang,” tutup Alby.

 

 

 

 

LAINNYA
xbanner 970x250