xbanner 970x250

Pentingnya Peran Media dalam Pengawasan Pilkada 2024

2 minutes reading
Thursday, 10 Oct 2024 15:57 0 10 Hen

Tangerang | Eranews.id – Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Komarullah, menekankan pentingnya integritas dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

Ia menegaskan bahwa Bawaslu harus bekerja jujur, adil, dan tidak main mata dalam memastikan pemilu berjalan transparan. Pernyataan ini disampaikan Komarullah dalam diskusi bersama Forum Wartawan Tangerang (Forwat) pada Rabu (9/10/2024).

Dengan tema “Peran Media dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten serta Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2024.”

Menurut Komarullah, peran media sangat vital dalam menyebarluaskan informasi terkait tahapan Pilkada dan regulasinya kepada masyarakat.

Bawaslu, yang memiliki keterbatasan anggaran dan personil, sangat membutuhkan dukungan media untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Media sangat penting. Informasi yang kami sampaikan tidak akan tersebar luas tanpa bantuan media. Mereka membantu memperkuat pengawasan hingga ke tingkat paling bawah,” ungkap Komarullah.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa media memiliki fungsi krusial dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilu yang bersih dan berintegritas.

Selain itu, pengawasan dari media juga berperan besar dalam mencegah berbagai pelanggaran, seperti politik uang, manipulasi data pemilih, dan intimidasi terhadap pemilih.

Komarullah menambahkan bahwa media bukan hanya menyebarkan informasi, tetapi juga menjadi pemantau yang efektif untuk meminimalisir pelanggaran Pilkada.

Ia bahkan mengajak media untuk tidak ragu melaporkan temuan pelanggaran yang mereka temukan di lapangan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Faridal Akram, Divisi Pencegahan Pelanggaran, Permas, dan Humas Bawaslu Kota Tangerang.

Faridal menekankan pentingnya peran media dalam menjaga suasana damai selama Pilkada. Ia berharap sinergi antara Bawaslu dan media terus ditingkatkan, tidak hanya dalam Pilkada 2024, tetapi juga pada pemilu-pemilu berikutnya.

 

LAINNYA
xbanner 970x250