xbanner 970x250

UPD PMI Kota Tangerang: Laboratorium Pengelolaan Darah Tercanggih di Banten

2 minutes reading
Tuesday, 30 Jul 2024 22:35 0 44 Hen

Tangkot | Eranews.id – Unit Pengelola Darah (UPD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang diakui sebagai laboratorium pengelolaan darah tercanggih di Banten.

Laboratorium ini, yang terletak di Batuceper, telah tervalidasi berstandar nasional sebagai laboratorium dengan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CBOP) dari BPOM, satu-satunya di Banten.

Sejak 2020, UPD PMI Kota Tangerang telah menerapkan sistem pengelolaan darah dengan fasilitas canggih. Sistem ini terintegrasi dengan otomasi yang akurat, efektif, dan efisien.

Laboratorium ini juga mampu memproduksi sekitar delapan ribu kantong darah setiap bulan, yang didistribusikan ke fasilitas kesehatan di Banten, Jabodetabek, dan nasional.

“Satu-satunya di Banten, laboratorium ini dilengkapi alat-alat dengan standar dari BPOM dan Kementerian Kesehatan untuk keamanan transfusi darah,” ujar Agung Kurnia, Penanggung Jawab Laboratorium di UPD PMI Kota Tangerang, Selasa (30/7/24).

UPD PMI Kota Tangerang juga dikenal dengan fasilitas pelayanannya yang lengkap.

Fasilitas ini meliputi laboratorium pengujian, pengolahan, uji mutu, dan penyimpanan dengan kapasitas hingga sekitar 30 ribu kantong darah.

Selain itu, laboratorium ini juga dilengkapi fasilitas pelayanan mutakhir. Fasilitas ini termasuk pengujian IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) dengan metode Chemiluminescence Assay (CLIA) dan asam nukleat (NAT).

Metode ini menjaga keamanan darah melalui proses skrining berkualitas, termasuk mendeteksi HIV, sifilis, hepatitis B, dan hepatitis C.

Laboratorium ini juga memproduksi plasma untuk mendukung program fraksionasi plasma dan menyediakan golongan darah dengan resus negatif yang sulit ditemukan di laboratorium lain.

“Laboratorium ini juga dikelola dengan operasional berkualitas, dilengkapi puluhan tenaga laboratorium kompeten di bidang transfusi darah,” tambah Agung.

Saat ini, UPD PMI Kota Tangerang dinilai berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya di Kota Tangerang, melalui sistem, fasilitas, dan produk pengolahan darahnya.

 

 

LAINNYA
xbanner 970x250