xbanner 970x250

Daftar Pasangan Calon Pilgub Banten 2024: Airin-Ade vs Andra-Dimyati

2 minutes reading
Sunday, 1 Sep 2024 11:38 0 69 Hen

Banten | Eranews.id – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 telah resmi diikuti oleh dua pasangan calon.

Mereka adalah Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. Keduanya didukung oleh koalisi partai besar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mengonfirmasi bahwa tidak ada calon independen yang mendaftar dalam Pilgub Banten 2024.

Hingga batas akhir pendaftaran, hanya dua pasangan calon yang menyerahkan berkas pendaftaran mereka.

“Kebetulan di Provinsi Banten ini, sejak tahapan perseorangan dibuka, tidak ada yang mendaftar,” kata Ketua KPU Banten, Mohamad Ihsan, Jumat, 30 Agustus 2024.

Pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi mendaftarkan diri pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Mereka didukung oleh partai-partai besar seperti PDIP dan Golkar, serta PBB, PKN, Partai Buruh, Partai Ummat, dan Gelora.

Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (2011-2021), adalah istri Tubagus Chaeri Wardana, adik kandung mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Sedangkan Ade Sumardi adalah bekas Wakil Bupati Lebak dua periode dan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten (2019–2024).

Dalam pendaftaran, Airin mengajak seluruh pendukung untuk turun ke masyarakat dan menyentuh hati mereka.

“Yuk kita semua turun ke masyarakat, sentuh hati masyarakat, ajak masyarakat untuk memilih pasangan Airin dan Ade,” ucap Airin.

Andra Soni-Dimyati Natakusumah Didukung Koalisi Parpol Besar

Pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Mereka didukung oleh koalisi parpol besar, yakni Gerindra, PKS, Nasdem, PKB, PAN, PPP, dan Demokrat. Dukungan juga datang dari PSI, Partai Prima, dan Partai Garuda.

Andra Soni adalah Ketua DPRD Provinsi Banten sejak 2019 dan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten.

Dimyati Natakusumah, sebelumnya menjabat Wakil Ketua MPR RI dan anggota DPR RI dari Fraksi PKS. Dimyati juga pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang selama dua periode.

Dalam pernyataannya, Andra menekankan kesiapan batin dan lahir mereka untuk memenangkan Pilgub Banten 2024.

“Insya Allah secara batin kami siap, secara lahir kami siap, dan insya Allah kami juga siap menang,” ujar Andra.

Dengan dukungan koalisi besar dari kedua pasangan calon, Pilgub Banten 2024 diprediksi akan menjadi persaingan ketat antara dua kubu politik besar di provinsi ini.

LAINNYA
xbanner 970x250