xbanner 970x250

Ribuan Warga Antusias Ikuti Pawai Obor Elektrik di Pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024

2 minutes reading
Wednesday, 25 Sep 2024 23:57 0 28 Hen

Tangerang | Eranews.id – Hujan yang mengguyur Kota Tangerang tidak menghalangi semangat masyarakat untuk menghadiri Pawai Obor Elektrik dan Gunungan dalam pembukaan Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024.

Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor ini berlangsung di Taman Elektrik, Puspem Kota Tangerang, Rabu (25/09/2024) malam, dan sukses menarik ribuan pengunjung.

Puluhan gunungan dengan berbagai bentuk diarak oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan organisasi masyarakat menggunakan mobil bak terbuka, keliling Kota Tangerang. Kemeriahan pawai ini semakin menyemarakkan pembukaan festival.

Festival Maulid Nusantara secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, yang turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda. Pembukaan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni silat Betawi, menambah keunikan acara tersebut.

Warisan Budaya dan Nilai Religi

Penjabat Wali Kota Nurdin menyampaikan bahwa pawai obor elektrik dan gunungan ini adalah simbol dari dimulainya Festival Maulid Nusantara Kota Tangerang 2024, yang akan berlangsung hingga 29 September.

“Pawai obor dan gunungan adalah warisan budaya yang harus terus dilestarikan di Kota Tangerang. Festival ini diharapkan dapat menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW, sebagai suri teladan bagi seluruh umat,” kata Nurdin.

Makna Pawai Obor Elektrik dan Gunungan

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang, juga menyebutkan bahwa ribuan warga telah memadati lokasi pembukaan.

Menurutnya, pawai obor elektrik melambangkan cahaya yang dibawa Nabi Muhammad SAW untuk menerangi umatnya, termasuk Kota Tangerang.

Sedangkan gunungan melambangkan rasa syukur dan berkah yang diterima warga, serta semangat untuk berbagi.

“Festival Maulid Nusantara ini terbuka untuk umum, baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang. Keterbukaan ini tercermin dari peserta lomba dan bazar kuliner khas daerah yang datang dari berbagai wilayah,” ujar Kaonang.

Acara yang Meriah Setiap Hari

Kaonang mengajak seluruh warga untuk datang dan memeriahkan festival yang akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Ajak keluarga, saudara, dan teman-teman. Setiap hari akan ada penampilan kiai, ulama, bahkan artis nasional,” tambahnya.

Di hari pertama Festival Maulid Nusantara, kegiatan hadroh, Tari Lenggang Cisadane, serta dakwah dari Yusuf Al Lampung pendakwah sekaligus influencer yang menginspirasi generasi muda di Kota Tangeran turut meramaikan acara.

 

 

LAINNYA
xbanner 970x250